Studi Bersama Mgr. Willekens, SJ

Pada tanggal 8-9 Juni 2024 bertempat di Rumah Chalwat Maria Nazareth Sumber, dilaksanakan kegiatan Studi Bersama mengenai Mgr. Willekens, SJ. Studi bersama ini terselenggara berkat kerjasama Paroki Santa Maria Lourdes dan Komunitas Suster Abdi Kristus “Maria Nazareth” Sumber. Penulis buku Mgr. Willekens, SJ yaitu Bapak Paulus Widyawan Widhiasta (Pak Dias) dipercaya menjadi narasumber.¬†Kegiatan ini dihadiri oleh para Suster Abdi Kristus regio Jawa dan Dewan Pengurus Harian (DPH) Paroki Santa Maria Lourdes, Sumber, Muntilan.

Sesi pertama diisi dengan pengenalan lebih mendalam siapakah Mgr. Willekens, SJ. Materi diberikan oleh Pak Dias. Dalam sesi ini dijelaskan peran Mgr. Willekens dalam perkembangan iman Katolik di tanah Jawa dan peran serta Mgr. Willekens dalam pendirian rumah Pendidikan bagi calon Imam (Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan), Suster (Kongregasi Biarawati Abdi Kristus) dan Bruder (Kongregasi Bruder Rasul). Pada sesi 2 Rm. Agustinus Sudarisman, Pr menjelaskan mengenai Keuskupan Agung Semarang, perkembangan iman Katolik di Indonesia dan peran serta tokoh-tokoh di dalamnya.

Hari kedua diawali dengan kegiatan doa bersama dan tabur bunga di Kerkof Muntilan. Di kompleks ini dimakamkan para martir Magelang, para perintis misi, pemimpin Gereja dan perintis Pendidikan imam (termasuk Mgr. Willekens, SJ, pendiri Kongregasi Biarawati Abdi Kristus), para Uskup dan keluarga Pangeran Sasranigrat. Doa dan tabur bunga ini bertujuan untuk menjaga relasi dengan leluhur, berdoa, meneladan serta neberuskan keutamaan-keutamaan para perintis iman Katolik. Setelah doa bersama dan tabur bunga, para Suster dan DPH kembali ke Rumah Chalwat Maria Nazareth Sumber untuk melanjutkan sesi berikutnya.

Sesi terakhir diisi dengan refleksi yaitu inspirasi apa yang didapat ketika melakukan ziarah dan niat bai kapa yang muncul untuk pelayanan ke depan. Secara lebih lajut refleksi diperdalam dengan merefleksikan peran serta Mgr. Willekens, SJ dalam perkembangan iman Katolik dengan melihat potensi yang dimiliki oleh kalangan pribumi.

Melalui studi bersama ini diharapkan semakin menanamkan kecintaan dan kebanggaan sebagai orang Katolik di zaman ini

 

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Leave a comment